Cek SKTP 2016 di Laman Info GTK Kemdikbud

Untitled vvv

Assalamu,alaikum wr. wb. Saudara sekalian yang berbahagia, tentu kita harap-harap cemas menunggu keluarnya SKTP 2016. Untuk mengetahui SKTP, apakah sudah keluar atau belum kita masih kesulitan untuk mengetahuinya.x9
Kiat berikut ini mungkin menjadi solusi untuk cek SKTP 2016 dari laman GTK Kemdikbud.

Inilah cara mengetahui SKTP yang sudah terbit melalui laman resmi Info GTK Kemdikbud. Mungkin tak hanya anda yang lagi pusing karena SKTP semester 2 2016 sampai sekarang belum terbit atau mungkin tidak ada kejelasan sama sekali. Nasib guru yang lain mungkin juga mereka alami.

Ayo…kita coba cek lagi SKTP di Info GTK melalui link http://info.gtk.kemdikbud.go.id/. Setelah login dengan cara biasa, menggunakan NUPTK dan tanggal lahir, akhirnya muncul laman informasi Validasi Data Guru seperti yang biasa kita lihat kalau mengakses melalui link http://223.27.144.195:8084/. Namun setelah ditelusuri sampai kebawah, pada kolom Tunjangan Guru datanya masih kosong, padahal status data anda sudah valid semua. Lalu bagaimana trik anda untuk mengetahui dan memastikan apakah SKTP anda sudah terbit atau belum ? Mari ikuti lebih lanjut dibawah ini.

Laman Info GTK Kemdikbud

Bapak ibu guru sekalian, berdasarkan otak atik gatuk he…., ternyata ada 3 trik yang bisa kita lakukan untuk mengetahui secara pasti apakah SKTP anda sudah terbit atau belum. Namun dengan catatan bahwa data yang di entri melalui dapodik sudah sepenuhnya VALID, artinya tidak ada lagi keterangan bermasalah atau tanda merah di laman info gtk ini. Simak panduan lengkap dengan gambar screenshot dibawah ini untuk mengecek status SKTP anda.

Cara Pertama:

1. Setelah login di laman info gtk di http://info.gtk.kemdikbud.go.id/ perhatikan tombol Cek Kuncian Rombel dan Tugas Tambahan yang berada dibawah kolom Data Individu Berdasarkan Dapodik.

2. Klik tombol tersebut dan tunggu beberapa saat sampai muncul tampilan laman baru dilayar jika ada rombel yang dikunci. Perhatikan disebelah kiri kolom Nomor akan ada simbol kunci/gembok warna merah, geser layar ke kanan dan lihat pada kolom Keterangan. Disitu akan ada tulisan “Dikunci karena sudah terbit tunjangan profesi”.

3. Nah kalau sudah muncul keterangan seperti diatas maka sudah bisa dipastikan bahwa SKTP sudah terbit, tinggal bersabar saja sampai data nomor SK dan sebagainya muncul pada kolom Tunjangan Guru dilaman Info GTK ini.

baCA jUGa : Data tunjangan profesi 2016

Rahasia Jago Menulis Artikel Dalam 7 Hari (Kursus Menulis Artikel Online)

Cara Kedua:

1. Jika anda sudah mencoba cara pertama dan tidak memunculkan hasil apapun atau tidak ada keterangan yang dimunculkan maka coba langkah kedua ini.

2. Setelah login di laman info gtk di http://info.gtk.kemdikbud.go.id/ perhatikan tombol Tampilkan Rombel yang berada dibawah kolom Rombongan Belajar. Klik tombol tersebut.

3. Selanjutnya akan terlihat tampilan seperti dibawah ini. Perhatikan pada kolom Status Rombel ada tombol berwarna merah di bagian Rombel Paralel. Klik tombol merah tersebut dan tunggu beberapa saat sampai muncul laman baru. (Buka gambar di tab baru jika kurang jelas)
4. Berikutnya akan muncul laman Cek Rombel Paralel seperti dibawah ini. Perhatikan pada kolom Keterangan sebelah kanan akan ada tulisan “Rombel sudah dikunci”. Kemudian dibagian bawah akan muncul Keterangan Tambahan yang isinya penjelasan bahwa rombel dikunci karena ada guru yang sudah mendapatkan SKTP/SKTF berikut daftar nama guru beserta nomor NUPTK-nya.

5. Data seperti diatas bisa muncul karena semua guru yang berada pada rombel yang sama dengan anda datanya sudah valid. Kalau ada yang belum valid silahkan dicoba saja sendiri he he..

baca JUGA : Tunjangan Sertifikasi triwulan pertama

Cara Ketiga:

1. Jika anda sudah berhasil membuka laman Cek Rombel Paralel (langkah ke-4 Cara Kedua), maka dibagian bawah anda akan melihat tulisan “Untuk mengetahui guru yang sudah terkunci karena sudah terbit SKTP/SKTF cek pada detail rombel”.

2. Berarti masih ada cara lain untuk mengetahui status SKTP sudah terbit ini yaitu dengan cara mengklik tombol panah kecil pada sisi kiri kolom Rombongan Belajar untuk mengetahui detail rombel.

3. Kemudian anda akan melihat tampilan detail rombel, dimana terlihat nama-nama guru yang statusnya sudah dikunci akan terlihat dengan simbol kunci/gembok warna merah serta pada kolom Keterangan disebelah kanan tercantum tulisan “Dikunci karena sudah terbit tunjangan…”.

4. Pada gambar diatas juga terlihat bahwa nama guru yang belum dikunci (terbit SKTP) penyebabnya adalah belum linier dibagian kolom mapel. Nah sudah jelas kan trik untuk mengecek SKTP sudah terbit ? Selanjutnya silahkan anda praktekkan sendiri.

Demikian bapak ibu guru sekalian, informasi terbaru yang bisa dapurguru.com bagikan tentang Cara Cek SKTP 2016 di Laman Info GTK Kemdikbud. Silahkan di-share artikel ini ke teman-teman anda jika memang ada manfaatnya. Terimakasih.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: